Catat! Ternyata Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri Itu Berbeda

Catat! Ternyata Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri Itu Berbeda - Siapa sih dijaman yang serba maju ini tidak mengenal apa itu istilah asuransi? hampir setiap orang dijaman sekarang ini tak asing dengan istilah tersebut. Ngulik tentang asuransi ternyata banyak jenisnya. Ini loh yang disebut asuransi. Mengutip dari wikipedia.com, Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. 

Namun, banyak juga yang seringkali salah kaprah dalam mengartikan serta membedakan arti dari masing-masing jenis asuransi. Tak hanya asuransi jiwa dan kesehatan saja yang sering dianggap sama, melainkan pula asuransi perjalanan yang kerap disangkut pautkan dengan asuransi kecelakaan diri. Dari sisi kelebihan dan kekurangannya, kedua jenis asuransi itu benar-benar berbeda. Perbedaannya sendiri terletak dari cara dan durasi perlindungan, serta besaran premi yang diberikan. Wah, padahal kan keduanya sangat berbeda ya. Yuk simak apa sih yang membuat mereka berbeda.

Asuransi Perjalanan

Banyak dari kita yang berfikiran penggunaan asuransi perjalanan selama bepergian jauh dalam jangka waktu tertentu tidak lah terlalu penting. Padahal, penggunaan asuransi perjalanan bisa sangat berguna apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terkait nyawa seseorang. Bentuk perlindungan yang diberikan oleh pihak penyedia asuransi perjalanan berupa biaya medis kecelakaan, cacat akibat kecelakaan, kematian, kondisi medis darurat, hingga biaya pemakaman di luar negeri sekalipun.

 Pembelian asuransi perjalanan aktif saat nasabah akan melakukan perjalanan baik keluar kota maupun luar negeri dengan durasi perlindungan tergantung seberapa lama nasabah tersebut melakukan perjalanan. Ada tanggal kadaluarsa nya juga loh, umumnya hanya hitungan hari hingga satu bulan saja. Untuk bisa mendapatkan asuransi perjalanan, calon nasabah bisa mendaftarkan diri secara online melalui perusahaan sejenis yaitu ACA dan AXA. Cukup sertakan identitas diri dan ikuti langkah-langkah pendaftarannya melalui situs resmi asuransi tersebut. Selesai mengurus dokumen, calon nasabah akan diminta menyelesaikan tahap akhir yaitu pembayaran premi asuransi yang bisa dilakukan melalui kartu kredit. Biaya juga relatif murah, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu saja. Pembayraan premi khusus asuransi perjalanan cenderung kecil bahkan tidak lebih dari 1% dari total biaya perjalanan nasabah.

Asuransi Kecelakaan Diri

Bandingkan dengan ulasan diatas, asuransi kecelakaan diri hanya memberikan perlindungan terkait kecelakaan yang menimpa nasabah mereka. Catat! Hanya untuk kecelakaan nasabah. Yang paling jelas perbedaanya, terletak pada uang pertanggungan yang diberikan pihak asuransi. Pada asuransi kecelakaan diri, pihak tertanggung akan tetap mendapat uang pertanggungan meskipun ia tidak meninggal dunia saat kecelakaan. Uniknya, tak hanya kecelakaan kendaraan saja, kecelakaan remeh contohnya terpeleset di kamar mandi, jatuh dari tangga, dan sebagainya.Untuk durasi perlindungan, asuransi jenis ini memiliki jangka durasi yang jauh lebih lama dibandingkan asuransi perjalanan. Selama polis asuransi pihak tertanggung masih berlaku, maka penyedia asuransi masih bisa memberikan perlindungan. Umumnya polis asuransi kecelakaan diri berbentuk polis tahunan. Jika masa berlaku polis telah habis, nasabah juga bisa melakukan perpanjangan kembali untuk satu tahun kedepannya.  Bahkan ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan jangka waktu perlindungan cukup lama hingga 20 tahun keatas. Untuk biaya dari pihak perusahaan asuransi khusus asuransi kecelakaan diri pun relatif murah. Hanya kisaran 50 hingga 100 ribu keatas per tahunnya. 

Informasi ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat, mulai dari diri sendiri, berlanjut ke lingkungan masyarakat kita. Menggunakan layanan asuransi perjalanan dan kecelakaan diri sangat bermanfaat mengingat segudang manfaat yang ditawarkan dan juga relatif murah. Tak peduli laki-laki, perempuan, dewasa, balita, semua juga diharapkan bisa memiliki jaminan terhadap dirinya sendiri. Baca juga: Penting! partisipasi pemilih pemula, perempuan, dan disabilitas, untuk sukses pemilu 2019

Tak hanya ini saja, Anda juga harus mengenal beragam perbedaan jenis asuransi agar mengetahui fungsi dan manfaatnya. Dengan bantuan teknologi, pengajuan asuransi  menjadi gampang dan terpercaya. Tertarik ajukan asuransi? Coba saja baca syarat dan ketentuannya hanya di cekaja.com, disini kalian akan mengetahui segala hal tentang asuransi.

7 Responses to "Catat! Ternyata Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri Itu Berbeda"

ida subaidah said...

Hehe kadang sih mikirnya dulu jg sama antara keduanya. Dan baru baru ini mulai paham kalau ternyata berbeda wkwk

Arif Tukang Review said...

artikel ini telah membuka pikiran saya mengenai perbedaan asuransi perjalanan dan asuransi diri, teruskan berbagi informasi penting seperti ini ya good job

Zee Vorte said...

Wah baru tau saya ternyata asurasi memiliki perbedaan seperti contoh ini asuransi untuk diri sendiri dan perjalan, padahal yang saya tau asuransi kesehatan, mobil atau kendaraan pribadi. Nice infonya mba

Marfa U said...

wah dua-duanya penting nih biar bisa tercover semuanya, asuransi perjalanan lebih kompleks berarti ya?

Eka Romawati said...

Wah, sekarang jadi tahu macam2 asuransi, artikelnya membantu kak trimakasih

Rhoshandhayani KT 💕 said...

Oooh gitu yaaa....
Aku baru tau kalo asuransinya dibedakan.
Jadinya, harus membayar lebih banyak ya. Haha

Dewi II said...

Wah, artikel yang bermanfaat nih..
Kirain asuransi diri dan lainya adalah sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel