Bahagia Dalam Kebersamaan, ASUS VivoBook Ultra A412 si "Idaman"



Kebersamaan kaya akan makna, mulai dari sesederhana bertatap muka sampai dengan saling bahu membahu berjuang. Kebersamaan memang menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi setiap orang. Entah itu kebersamaan dengan keluarga, teman, sahabat, pasangan ataupun yang lainnya. Dengan kebersamaan itulah kita bisa saling berbagi, menyelesaikan masalah bersama, berjuang bersama dan yang pasti adalah bahagia bersama. Kebersamaan bisa juga terdefinisikan sebagai satu waktu yang paling membahagiakan bagi sebagian orang.

Bagai dua belah sisi mata pisau, kebersamaan tak bisa terbentuk begitu saja, tanpa daya upaya. Bahkan, berkorban menjadi salah satu hal yang harus dilakukan demi sebuah kebersamaan. Dengan ragam cara apapun, mulai dari waktu, pekerjaan, bahkan sampai finansial.

Berteman dengan sesama blogger memang gampang-gampang susah. Ada kalanya kita akan fokus dengan laptop kita masing-masing, mencari bahan, mencipta karya, hingga berbagi cerita tentang ragam dunia kita. Berawal dari diri yang dipenuhi rasa canggung sampai-sampai enggan untuk sekadar menyapa, apalagi sampai membuka sebuah obrolan. Kita semua memiliki karakter yang sangat berbeda bahkan bertolak belakang, mulai dari yang pendiam, usil, bahkan misterius(wkwk... serasa jurit malam). Pertemuan kami pun karena unsur ketidaksengajaan. Dan sampai akhirnya entah apa yang merasukimu(red:bacanya sambil nyanyi) sampai-sampai saat sedang kumpul cerewetnya engga ketulungan.

Mba Dani Sang Pembaca Pikiran

Bu(Eh, mba ding. Marah kalo dipanggil bu.. wkwk) Dani, beliau merupakan salah satu panutan diantara kami berempat. Beliau bekerja disalah satu instansi pemerintah didaerah Semarang. Mba Dani ini salah satu blogger yang sangat rajin untuk membagikan cerita-cerita yang selalu saja bisa menginspirasi setiap pembacanya. Gaya bahasanya yang santuy dan milenial banget, serasa umurnya masih belasan saja(kalo negliatnya dari gaya tulisannya). Suatu ketika, kita pernah ada kegiatan bareng dan kemudian ada challenge buat foto produk gitu. Disinilah kreativitas khas bu Dani nya menyeruak. Tiba-tiba ada suara yang tak terduga "minjem tangannya ya, nanti biar aku bisa pura-pura foto gandengan sama megang produk ini ya". (Hmm... sudah kuduga).

Mba Alley dan Sang Jagoan

Mba Alley dan Jagoan kecilnya, Faruq namanya. Mba Alley menjadi salah satu yang aktif juga dalam berbagi melalui blog nya. Mba Alley juga menjadikan blogger sebagai pekerjaan utamanya. Dengan device dan laptop yang powerfull, ia lancar jaya setiap kali menyelesaikan setiap kerjasama. Mba Alley juga punya banyak pengalaman diranah per bloggeran. Endorsmen? jangan ditanya lagi deh(bisa jadi calon selebgram nih.. wkwk). Yang bikin heran, jadi setiap challenge yang melibatkan sang jagoan(Faruq) pasti selalu saja masuk nominasi. Seketika langsung kepikiran, atau jangan-jangan memang harus bawa jagoan kecil kemana-mana yaa buat menangin challenge kalo di segala kegiatan?

Aji dan Hobinya

Aji, dia salah satu rekan saat kuliah dulu. Hobi nya dibidang fotografi dan sinematografi memang ia tekuni dengan sungguh-sungguh. Dengan laptop andalannya, ia sukses melintasi segala rintangan yang menghantam. Tak heran kalau dia pernah menjadi juara satu disalah satu event yang berhadiah 1 unit HP baru, dan itu hanya bermodalkan satu jepretan foto dan beberapa baris caption(keren banget kan..). Dibidang sinematografi? jangan ditanya deh, dia juga pernah juara 1 lomba sinematografi yang diadakan oleh Kominfo. Selain dua hobinya tadi, dia juga menekuni salah satu hobi barunya, yaitu menjadi seorang blogger. Walaupun tergolong baru dalam dunia blog, blog nya langsung bak melejit ke angkasa. Langsung tancap gas alhasil langsung jadi juara 1 blog di tingkat nasional dari salah satu perusahaan di Jakarta.

Aku? Blogger? belum apa-apa dibanding mereka. Dari kebersamaan kami inilah, aku mulai belajar sekaligus tertuntut untuk belajar. Dengan disupport oleh Mba Dani, Mba Alley dan Aji, dari waktu ke waktu aku mulai belajar dan berharap terus berkembang. 

Tentu saja, menjadi seorang blogger tak bisa jauh dari laptop. Walaupun teknologi smartphone masa kini juga bisa dimanfaatkan, nyatanya sensasi keyboard laptop memang tiada duanya. Selalu saja sukses melahirkan ide-ide kreatif  yang tak terduga. Mulai dari warung pinggir jalan, mushola mall, hingga ke trotoar jalanan pun kita bisa asyik dengan amunisi andalan kita satu ini. Bahkan, laptop menjadi amunisi wajib saat kami sedang nongkrong asyik(setelah itu, baru... camilan yang banyak selama nongkrong wkwk).

Siksaan Yang Bikin Ambyarrr

Kami sepakat, menjadi sebuah siksaan saat kami harus mengasuh seperangkat laptop yang beratnya masyaAllah. Apalagi kalo baterai nya sudah soak, alhasil laptop harus selalu berdampingan dengan charger, duhh.. beneran naik level puncak deh siksaan versi kami ini. Ditambah lagi kalo tiba-tiba arus listrik terputus dan draft tulisan belum tersimpan. Ambyarrr sudahh...(sialnya, diantara kita, aku yang pernah mengalami hal ini.. sungguh terlalu).

Disinilah moment yang tepat ide kreatif yang luar biasa dari Mba Dani mulai menyeruak ke permukaan. Dan ternyata, Benar saja... Mba Dani langsung mengeluarkan secarik kertas lengkap dengan alat tulisnya, kemudian menuliskan judul raksasa. "SYARAT LAPTOP IDAMAN". Seketika suasana hening.

SYARAT LAPTOP IDAMAN :

  1. Ringan & Gampang Dibawa
  2. Mungil, Kekinian serta powerful
  3. Warnanya Nge-jreng
  4. Harus ada Fingerprint
  5. Cepat
  6. Tahan Lama

Angan-angan kita sukses terbang ke langit bebas, membayangkan produksi konten dengan laptop idaman versi kami ini. Ringan dan gampang bawa kemana-mana, cepat, tahan lama. Kami sepakat, ini hanya mimpi di angan-angan(biar tidak terlalu merasa di PHP in nantinya). "Mas-mba, maaf kita sudah mau tutup". Kita bergegas berkemas dan masih belum bisa move on dengan angan-angan laptop idaman. Semua masih terpatri jelas malam itu.

Jawaban Angan-Angan

Hari itu kamipun kembali dipertemukan dengan tidak sengaja. Lengkap ber-4 eh ditambah dengan Faruq tentunya, sang jagoannya Mba Alley. Obrolan ringan lengkap dengan renyah gelak tawa. Waktu saat itu terasa begitu cepat melenggang. Sampai satu ketika, kamipun terdiam karena kehabisan bahan obrolan. Mba Dian bergegas mengeluarkan laptop andalan seperti biasanya. Dan entah apa yang merasukiku(jangan sambil nyanyi bacanya.. wkwk), langsung teringat dengan daftar "SYARAT LAPTOP IDAMAN" yang kami rumuskan malam itu.

Akupun mengeluarkan amunisi baru(menggantikan laptop legendarisku yang purna tugas, yang paket lengkap laptop dan chargernya itu). Semua pandangan langsung tertuju padaku(eh maksudnya laptop baruku). Mba Dani dengan perlahan kembali menutup laptop andalannya. Semua masih fokus padaku, pada laptop ditanganku lebih tepatnya.

Mba Dani : Wah... amunisi baru, laptop baru...
Aji : lumayan nih, gratis kita makan hari ini wkwk
Mba Alley : Yang lama mana? purna tugas ya?
Faruq(jagoannya Mba Alley) : eahh.. eahh.. eahh (minta minum susu)

Mba Dani bergegas mengistirahatkan laptop andalan diransel dibawah kursinya. Dan kamipun sepakat untuk mengkepokan diri pada sosok laptop pencuri perhatian ini(sampe-sampe yang punya aja kalah.. huft).

Mba Dani : idih, ringan banget... bisa dibawa kemana-mana dong.
Aji : tahan lama, lumayan nih bisa tak pinjem wkwk
Mba Alley : ngejreng warnanya, ada fingerprintnya juga, mungil juga kayak jagoanku(emang ya, ibu-ibu.. wkwk)
Faruq(jagoannya Mba Alley) : sssett.. ssett.. ssett (minum susu)
Mba Dani : Oh ya, jadi inget tulisan halu kita tentang "SYARAT LAPTOP IDAMAN" yang kita sampe cafenya tutup dulu itu.. wkwk
Aku : iya, barusan aku juga mau bilang itu. Sekarang buka jasa pembaca pikiran juga ya Mba Dani.. wkwkw. Oh ya, kenalin nih. "idaman" namanya. Terinspirasi dari list daftar aneh yang kita bikin dulu. Oh ya, dia nama lengkapnya laptop idaman, nama panggilannya idaman, tanggal lahirnya 28 September 2019, alamatnya Semarang, Jenisnya ASUS VivoBook Ultra A412.
Idaman : salam kenal ya semua. (loh kok bisa ngomong? hening...) 

Kamipun kembali membuka catatan tentang laptop idaman kami yang kami kira hanya ada di angan-angan saja. Semua kami bahas, sampai bahkan detail-detailnya. Tujuannya apa? Untuk membuktikan apakah ini memang laptop idaman(Taukan ide ini dari siapa pasti.. asal ngga nebak ide dari Faruq aja dah.. hmm).

SYARAT LAPTOP IDAMAN

1. Ringan & Gampang Dibawa

Dari fisiknya aja sudah jelas keliatan. "Jangan lihat sesuatu dari sampulnya aja" Mba Dany nge gas. Oke deh kami lanjutkan. Body ramping dan ringannya sudah nampak dari luar. Desainnya juga kekinian. Dan kami sepakat bahwa ASUS VivoBook Ultra A412, Ultrabook 14 inci Paling Berwarna dan Paling Kecil di Dunia Tampil dengan desain ultra-ringkas namun tetap menghadirkan performa terbaik di kelasnya. Untuk informasi aja, VivoBook Ultra A412 juga menyandang gelar sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil di dunia. Keyboard nya juga mantap. Dibekali keyboard6 backlit ukuran penuh sangat cocok untuk bekerja di lingkungan yang redup, kokoh dan yang pasti nyaman. Key caps-nya telah diuji hingga 10.000 ribu ketukan(keriting-keriting tuh jari... wkwk).

2. Mungil, Kekinian serta powerful

"mungil yaa.. lebih ringan dari Faruq". Aji sambil semena-mena mengangkat si idaman(kasihan sekali kamu nak... yang sabar yaa...). Dengan body yang hanya berukuran 32cm dan lebar 21cm, menjadikannya keliatan mungil. Dibalut dengan desain stylish yang kekinian, memang aku gak salah pilih si idaman ini deh. Walaupun sangat ringkas, VivoBook Ultra A412 punya ragam port, mulai dari USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port. Semua itu tampil agar penggunanya dapat mengkoneksikan berbagai macam perangkat dan aksesoris tambahan.

3. Warnanya Nge-jreng

Mba Alley langsung bergegas mengangkat si idaman ini. "Benar, Lucu juga ya warnanya, abu-abu. Desainnya juga kekinian banget deh, engga salah pilih deh". Sebenarnya ada 4 pilihan varian warna lain sih, mulai dari biru, ungu, putih, dan abu-abu si idaman ini. Tapi ya karena sebagian orang beranggapan bahwa karisma seorang pria terlihat dari warna laptopnya, karena karisma ku dipertaruhkan lewat warna laptop, aku cari aman saja warna abu-abu. Selain itu juga dibekali fitur premium loh, NanoEdge Display atau teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm dan hasilnya dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen. Selain itu juga dilengkapi oleh ErgoLift Design, atau perhitungan khusus pada bodi utama VivoBook Ultra A412 saat terangkat dan bisa sampai membentuk sudut dua derajat, hasilnya posisi keyboard saat VivoBook Ultra A412 digunakan menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan serta juga bisa memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan si idaman.

4. Harus ada Fingerprint

"Ini dia yang ciptain laptop ini nyontek pada daftar yang kita buat apa giaman ya? kok bisa pas banget gini sih. Termasuk fingerprint nya juga ada" Celoteh bu Dani. Pembaca sidik jari atau fingerprint nya pun sudah otomatis terintegrasi dengan Windows Hello sehingga gampang untuk login dan masuk ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 tanpa harus mengetikkan password dan yang paling penting jadi lebih aman. cukup dengan satu sentuhan! beres deh bisa login laptop.

5. Cepat

"Sebentar, ini agak sedikit teknis. Simak baik-baik ya" aku sedikit serius. Dengan prosesor Intel Core generasi ke-8, VivoBook Ultra A412 merupakan salah satu ultrabook mungil yang paling gesit yang ada saat ini. Varian tertingginya yang menggunakan Intel Core i7-8565U mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread. Nah, dijamin cepet banget(secepat balesan chat gebetannya si Aji... wkwk). Soal grafis, VivoBook Ultra A412 dilengkapi chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan VRAM sebesar 2GB yang cocok untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti menikmati konten hiburan hingga menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa grafis. Ditemani oleh RAM DDR4 serta penyimpanan menggunakan M.2 SSD, VivoBook Ultra A412 yang pastinya snagat kencang saat dioperasikan.

6. Tahan Lama

"boleh nih minjem besok, katanya tahan lama. kuat berapa lama memangnya?"ketus Aji. Loh jangan salah, tahan hingga sampai 3,5 jam penggunaan standart loh. Baterai si idaman ini dari polimer-lithium berkualitas tinggi untuk komputasi sepanjang hari. Teknologi Pengisian Daya Baterai dari orang tuanya si idaman (ASUS) yang eksklusif membantu melindungi baterai Anda dari pengisian yang berlebihan, masa pakai baterai yang panjang dan mengurangi kemungkinan kerusakan akibat pembengkakan baterai, menjaga baterai dalam kondisi prima.

Mba Dani : Fix, Ini kriteria laptop idaman sesuai daftar list yang kita buat dulu. Aku Sepakat.
Aji : sepakat aja deh, yang penting boleh minjem besok-besok wkwk
Mba Alley : sepakat, pake banget.
Faruq(jagoannya Mba Alley) : .... .. ... (lagi tidur dia)
Aji : Btw harganya berapa yak? mau beli nih, buat pasangannya si idaman, biar gak sendirian wkwk
Aku : Terjangkau banget lah, worth it lah. Ada harga ada kualitas. Si idaman cuman Rp 7.599.000 kok. Alhamdulillah sedang ada rejeki kemarin untuk meminangnya wkwk.

Main Spec.
ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU
Intel Core i3-8145U Processor
Intel Core i5-8265U Processor
Intel Core i7-8565U Processor
Operating System
Windows 10
Memory
4GB DDR4 RAM
8GB DDR4 RAM
Storage
512GB M.2 PCIe Gen3X2 NVME SSD
Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics
NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM
Integrated Intel HD Graphics 620              
Input/Output
1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Camera
HD Web Camera
Connectivity
Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2x2), Bluetooth 4.2
Audio
Sonic Master audio, Array Microphone
Battery
37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension
32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm
Weight
1.5Kg
Colors
Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price
Start from Rp7.599.000
Warranty
2 tahun garansi global

Berasa menemukan harta karun. Hari iru kami bahagianya bukan main, bayangin coba gimana rasanya angan-angan bisa menjadi kenyataan. Yang kami anggap coretan "SYARAT LAPTOP IDAMAN" itu hanya sebatas angan ternyata salah besar, semua sudah terbalas tuntas hari ini. Kamipun masih asyik dengan si idaman ini, sampai terdengar kalimat "Mas-mba, maaf kita sudah mau tutup" seperti biasanya. 

"Waktu yang paling menyenangkan adalah saat kita bercengkrama, menjaga hangatnya kebersamaan menggulirkan banyak detik dalam keceriaan dan membuat hidup kita semakin berwarna". Terimakasih kepada si idaman,yang hari itu sukses menjadikan kebersamaan kami semakin bahagia nan hangat bercengkrama.

7 Responses to "Bahagia Dalam Kebersamaan, ASUS VivoBook Ultra A412 si "Idaman""

Muhammad Rifqi Saifudin said...

Wah, kebetulan aku lagi nyari laptop baru nih. Salah satu varian ASUS ini kayaknya bisa jadi pilihan deh, udah ada yang i7 sama 8GB lagi RAM-nya. Aku sih pengen nyari yang bisa main PES lah paling enggak, karena ya... kalau nyari inspirasi kadang nge-game, hehe

aji setiawan said...

pas banget laptop ini buat dibawa kemana mana karena enteng dan ukurannya juga pas.

Marfa U said...

Vivobook asus emang parah idaman banget sih, aku jadi pengin upgrade bener. Kerasa kalau memorynya cuma 2gb, jauh dr asus ituu :(

Monica Anggen said...

Vivobook ini memang laptop idaman ya. Dan saya setuju banget, laptop itu mesti ringan biar mudah dibawa ke mana-mana, tahan banting biar bisa dipakai kerja dalam waktu lama, dan sepsifikasi mumpuni, supaya saat kerja lancar jaya

samagaha.com said...

wih, keren oi, ringan, powerfull . ngerti aja kebutuhan kita kaum milenial

Eka Romawati said...

Dapet rekomendasi syarat laptop enak dibawa donggg ini. Asus emang thebestttt kak. Makin hari makin canggih aja. Ini lagi kumpulin uang buat nabung beli lpt assus hhi

Arif Tukang Review said...

laptopnya bagus banget bikin saye ngiler, semoga kelak bisa punya satu hehe

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel